Cara meningkatkan traffic blog dengan template wordpress premium

5
258

cara meningkatkan traffic blog hingga 300% dengan template wordpress premium

Cara meningkatkan traffic blog memang sudah sering dibahas diberbagai blog ternama, namun dengan menggunakan template wordpress premium? Sepertinya belum pernah disebutkan dalam ulasan mereka.

Lalu, apakah itu berarti penggunaan template premium untuk meningkatkan traffic blog masih diragukan keabsahannya? Hmm, saya tidak bisa menjawabnya. Namun yang pasti saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman saya pribadi setelah dalam beberapa minggu terakhir mengganti template wordpress (dari awalnya pke yang gratisan) dengan template premium seharga $59 dari ThemeForest.

Hasilnya, traffic blog saya meningkat cukup signifikan hingga mencapai lebih dari 300%. Ini baru progress dalam 2 minggu terakhir ya, namun jika dilihat dari trend, grafiknya terus menunjukkan peningkatan. Mudah-mudahan sih terus berlanjut, hehee.

Meskipun masih dalam tahap monitoring, artinya masih perlu dipastikan lagi dalam beberapa minggu ke depan, namun saya merasa tergerak untuk segera membagikan pengalaman ini ke anda semua. Kan ada pepatah yang bilang, lebih cepat, lebih baik. Ups, seperti jargon salah satu pasangan Capres & Cawapres beberapa tahun yang lalu ya hihihiii.

Cara meningkatkan traffic blog dengan cara biasa

Kalau anda seorang Blogger, pastinya pernah nih cari artikel mengenai cara meningkatkan traffic blog di berbagai situs ternama. Sebut saja ‘PanduanIM’. Di situ anda akan diberikan ulasan mendetail mengenai bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog baik yang berasal dari Organic search maupun non organic search.

Ada sekitar 19 cara yang dibahas di sana, dan berikut rangkumannya.

  1. Buatlah konten yang berpotensi menjadi viral. Viral di sini artinya artikel anda akan mudah dishare oleh pengunjung. Hal ini pastinya berkaitan dengan topik yang anda bahas di dalam artikel tersebut, bisa jadi karena sifatnya yang unik, merupakan hasil penelitian terbaru, bisa mempengaruhi emosi pembaca, ataupun bersifat menggelitik yang bisa mengocok perut sehingga layak untuk dishare secara global.
  2. Aktiflah di Group Facebook dengan niche yang sama. Jika anda memiliki blog dengan niche binatang peliharaan, maka bergabunglah denagn group yang membahas tema yang sama. Sebagai contoh anda bisa bergabung dengan group ‘Binatang Peliharaan’, ‘pecinta Kucing’, ‘Cara ternak kucing anggora’, dan sejenisnya. Namun perlu diperhatikan untuk tidak buru-buru meninggalkan link di sana. Aktiflah di beberapa postingan member, beri jawaban berkualitas tentang sebuah diskusi, sering-seringlah nimbrung dalam sebuah diskusi atau obrolan member, hingga mereka kenal dengan anda dan yang paling penting tidak ‘dicap’ sebagai spammer. Jika sudah demikian, kini saatnya anda bisa melakukan share artikel bermnfaat di komunitas tersebut.
  3. Bergabung dan aktif di komunitas Google plus. Meski gak sebanyak facebook dilihat dari jumlah penggunanya, namun terlihat pertumbuhan sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dan yang lebih penting lagi, jumlah spammer di sini gak banyak seperti di facebook. Sebagai contoh di salah satu komunitas bernama IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion), disini berkumpul para pelaku bisnis Adsense yang saling berbagi informasi. Meski tidak diijinkan memasang link aktif, namun nyatanya para member tidak sungkan untuk mengunjungi blog sesama baik hanya sekedar memberikan penilaian maupun Karena kepo setelah diperlihatkan penghasilan adsense yang melimpah, hehee. Walhasil, traffic pun mengalir dari komunitas ini.
  4. Buatlah judul yang menarik untuk dibaca.
  5. Aktiflah di berbagai forum tanya jawab.
  6. Bergabung di komunitas yang relevan dengan niche kita.
  7. Gunakan setidaknya 1 gambar dalam setiap artikel (untuk meningkatkan klik).
  8. Buatlah list building dari setiap pengunjung anda (mengumpulkan email).
  9. Gunakan keyword popular dengan pencarian tinggi namun persaingan rendah (setidaknya 1000 pencarian/bulan)
  10. Lakukan link building
  11. Etc

Dan beberapa lainnya yang semuanya dibahas tuntas di blog PanduanIM.

Template wordpress premium seharga $59 bisa meningkatkan traffic blog?

Karena tidak dimasukkan dalam tips di atas, maka saya ingin menambahkannya di sini. Ya, meskipun baru berjalan 2 minggu, dan secara statistic mungkin belum bisa dijadikan patokan, namun penggunaan template wordpress premium di blog saya memperlihatkan trend yang baik terhadap jumlah visitor, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

template wordpress premium untuk meningkatkan traffic blog hingga 300%

Beberapa poin yang membuat saya tertarik membeli template ini adalah adanya pengoptimalan dari sisi SEO serta beberapa fitur impressive lainnya seperti :

  • Design responsive (include mobile version) yang berdampak pada load speed.
  • No coding, artinya sangat mudah digunakan bahkan oleh newbie.
  • Intelligent Ad system, memudahkan dalam pengaturan pemasangan iklan.
  • Include premium widget untuk memperkaya fitur blog.
  • Pengaturan Home page yang mudah dicustomisasi.
  • Ribuan user yang memberikan penilaian Excellent.
  • Penerima penghargaan Best Website Designer dari AWWWARDS, CSSWINNER, dan CSSDesign
  • Dan beberapa fitur menarik lainnya.

Sejauh pengamatan saya, peningkatan jumlah visitor bisa jadi dikarenakan banyaknya pengunjung yang kembali mengunjungi blog saya alias peningkatan dari jumlah returning visitor yang tampak meningkat pada report Google Analytic.

Namun demikian tampak juga new visitor yang meningkat cukup drastic seperti yang terlihat pada grafik di atas. Ya, meskipun sangat dipengaruhi oleh beberapa factor lain seperti kualitas artikel, pemilihan keyword, dan lain-lain, namun bisa kita bandingkan dengan kondisi beberapa minggu sebelumnya yang kondisinya cenderung stagnan.

Kesimpulan

Sangat perlu untuk melakukan pengoptimalan dari berbagai aspek seperti yang sudah diulas dengan detail dalam sebuah postingan di blog PanduanIM tentang cara meningkatkan traffic blog.

Namun tidak ada salahnya jika ditambah dengan penggunaan template wordpress premium seperti yang saya lakukan dalam percobaan kali ini.

Saya akan terus pantau perkembangannya dalam beberapa minggu ke depan, dan pastinya akan saya update informasinya melalui kotak komentar di bawah. Jadi, pastikan anda follow dan bookmark halaman ini untuk mendapatkan update terbaru terkait hasil eksperiment ini.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda, share pengalaman anda terkait penggunaan template premium dari ThemeForest. Baca juga artikel mengenai Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Disukai Pembaca dan Google.

5 COMMENTS

    • Tergantung templatenya juga Gan.
      Diantaranya apakah templatenya Fast loading, responsive, SEO optimized, tampilannya menarik.
      Sehingga pengunjung jadi betah dan menjadi pengunjung setia (returning visitor).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here