Cara mengupload video ke youtube dalam 3 langkah

0
118

cara mengupload video ke youtube

Cara mengupload video ke youtube masih menjadi salah satu topik yang diminati masyarakat. Ada yang ingin berbagi momen bahagia, sekedar iseng dan lucu-lucuan, ada juga yang memang diniatkan untuk meraup dollar.

Meskipun kedengarannya sepele, namun pada kenyataannya banyak masyarakat kita (Indonesia) yang masih awam dan kesulitan untuk melakukannya.

Seringnya penayangan di televisi tentang kisah sukses seorang Youtuber yang berhasil meraup puluhan juta rupiah perbulan, semakin membuat para awam ingin belajar dan mengenal lebih jauh tentang Youtube, termasuk salah satu poin pentingnya yaitu bagaimana cara mengupload video ke youtube.

Lalu, seperti apakah proses mengupload video ke youtube? Simak penjelasan berikut.

Persiapan sebelum mengupload video ke Youtube

Sebelum melakukan proses upload video ke youtube, pastikan anda menyiapkan beberapa hal berikut :

  • Video
    Siapkan video yang memiliki kualitas bagus, setidaknya beresolusi HD (1280×720 pixel). Ini penting agar video anda bisa ditampilkan dengan baik di Youtube.
  • Jaringan Internet.
    Karena rata-rata video dengan resolusi HD memiliki file berukuran cukup besar, pastikan tersedia jaringan internet yang baik serta periksa apakah kuota internet anda mencukupi untuk proses upload ini.

Cara mengupload video ke youtube dalam 3 langkah

Untuk melakukannya, silahkan mengikuti 3 langkah sederhana berikut. Pastikan anda mengeksekusinya secara berurutan.

Login ke akun Google

Pertama, silahkan anda akses website Youtube melalui link berikut :
https://www.youtube.com

Dari halaman utama, silahkan klik pada menu Login pada bagian kanan atas halaman.

login akun youtube

Maka anda akan diarahkan ke halaman login akun Google. Perlu diketahui bahwa akun Google ini bisa anda gunakan untuk akses Youtube, Gmail, Playstore dan produk Google lainnya.

Jadi, jika anda sudah memiliki akun Gmail misalnya, anda bisa menggunakannya untuk akses Youtube. Seperti yang saya lakukan kali ini, saya akan login menggunakan akun Gmail saya.

login akun google

Untuk anda yang masih belum memiliki akun Google, silahkan melakukan registrasi (caranya silahkan googling aja ya, gampang koq, heheee).

Upload video dengan beberapa klik

Setelah berhasil login, anda bisa mulai mengupload video dengan cara klik pada tombol Upload (berupa icon Panah ke atas), seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

tombol upload youtube

Setelah itu, akan dimunculkan pilihan apakah anda ingin video anda bisa dilihat oleh masyarakat luas (public), ataukah hanya untuk anda lihat sendiri (personal).

privacy video youtube

Kemudian klik pada tombol Upload (icon Panah ke atas) untuk memilih file video yang akan kita upload ke youtube.

Tunggu sampai proses upload mencapai 100%.

Sementara itu anda bisa melakukan beberapa pengaturan seperti Judul Video, Deskripsi Video, Tag, dan lainnya menggunakan tab yang tersedia.

proses upload video ke youtube

Ketika proses upload sudah mencapai 100%, anda bisa klik tombol Publikasikan (Publish) agar video anda bisa muncul di Youtube dan bisa dilihat secara online.

Share Video anda

Tahap terakhir, anda bisa share video tersebut agar bisa dilihat dan dinikmati oleh masyarakat luas.

Anda bisa memanfaatkan link untuk share video melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn,Path, dan lainnya.

Tersedia juga link video untuk bisa dishare melalui BBM, Whatsapp, dll.

share video youtube

Video Tutorial cara mengupload video ke youtube

Untuk mempermudah pemahaman anda, saya juga telah membuat video tutorial mengenai cara mengupload video ke youtube.

Silahkan simak video berikut ini.

Peluang bisnis dari Youtube

Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas upload video di youtube, silahkan mempelajari ulasannya melalui artikel berikut :

Cara mendapat uang dari youtube dalam 5 langkah

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara mengupload video ke youtube. Jika masih menemui kesulitan, atau ada hal lain yang ingin anda share, silahkan menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba dan jangan lupa dishare jika artikel ini dirasa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here