Cara mendapat uang dari Youtube dalam 5 langkah

2
346

cara mendapat uang dari youtube

Di era serba digital seperti saat ini, ternyata masih banyak juga orang yang belum paham mengenai bagaimana cara mendapat uang dari youtube.

Termasuk beberapa teman saya yang notabene seorang socialita dan aktif di beberapa akun media social seperti Facebook, Twitter, dan Instagram pun mengaku masih belum paham tentang hal ini.

Ya, meskipun banyak sekali media yang telah membahas dan menayangkan liputan sekitar bisnis youtube (salah satunya adalah program Hitam Putih dari Trans7), toh ternyata masih banyak juga yang belum mudeng.

Padahal tak sedikit dari mereka (penonton/masyarakat) yang ingin mendapatkan penghasilan jutaan rupiah seperti yang berhasil diraih oleh para Youtuber ini. Namun sayangnya hal itu hanya sebatas angan-angan karena mereka berpikir bahwa untuk mendapat uang dari youtube itu bukanlah sesuatu yang mudah.

Boro-boro mencari tahu lebih dalam tentang hal ini, mereka sudah cenderung ‘down’ dan pasrah tanpa mau berbuat apa-apa alias ‘cicing bae’, weleh-weleh.

Lalu, apa benar menghasilkan uang dari youtube itu sangat susah hingga banyak masyarakat yang nyerah sebelum berani melakukan apa-apa?. Hmm, nyatanya tidak demikian sob.

Buktinya tiap hari banyak bermunculan kreatif-kreatif baru yang mencari peruntungan dalam bisnis youtube. Mereka mau mempelajari lebih dalam tentang bisnis youtube, mereka tahu bagaimana sistemnya bekerja, dan mereka berani mencoba dan memulainya.

Dan terus terang, menghasilkan uang dari youtube itu sangat mudah bagi mereka yang kreatif dan mau belajar. Titik.

Pahami dulu cara menghasilkan uang dari internet

Sebelum membahas bagaimana cara mendapat uang dari youtube, ada baiknya kita pahami dulu konsep dasar cara menghasilkan uang dari internet.

Jika anda adalah pengunjung setia blog ini, bisa jadi anda sudah membaca beberapa artikel saya sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet mulai dari blog, bisnis afiliasi, toko online, dan beberapa lainnya.

Intinya adalah, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet anda membutuhkan yang namanya ‘Pengunjung’. Entah itu pengunjung blog, pengunjung toko online, atau pengunjung link afiliasi anda. Tanpa pengunjung (bisa diartikan klien dalam dunia Offline), anda akan kesulitan menghasilkan uang dari internet.

Penjelasannya seperti ini. Ibaratnya anda memiliki sebuah toko atau restoran, dan anggap saja produk atau makanan yang anda tawarkan semuanya memiliki kualitas nomor 1 di pasaran, begitu juga fasilitasnya.

Namun jika tidak ada orang yang mengetahui keberadaan toko dan restoran anda, tidak ada pengunjung yang datang, maka semua itu akan sia-sia dan tidak mungkin bisa menghasilkan uang untuk anda. Seperti itulah kira-kira pentingnya ‘Pengunjung’ (dan Marketing) dalam bisnis di internet.

Jika anda berhasil mendapatkan pengunjung, maka saatnya bagi anda untuk mulai bisa mendapatkan uang dari internet, baik itu dari program adsense, afiliasi, maupun penjualan langsung produk anda.

Cara mendapat uang dari Youtube dalam 5 langkah

Seperti penjelasan di atas, untuk bisa menghasilkan uang dari youtube pun kita sangat membutuhkan yang namanya Pengunjung (dalam dunia youtube disebut Viewer). Ya, disebut viewer karena para pengunjung ini diharapkan ‘melihat’ atau ‘menonton’ video yang kita upload ke Youtube dan sebagian diantaranya diharapkan melakukan klik pada iklan yang ditayangkan.

Terus, bagaimana prosesnya hingga kita bisa mendapat uang dari youtube? Berikut beberapa langkah mudah untuk memulai bisnis youtube.

Membuat video

Karena base dari bisnis youtube adalah video, maka langkah pertama yang perlu kita siapkan adalah membuat video. Anda bisa membuat video apa pun sesuai dengan keinginan anda asalkan memiliki potensi untuk dicari, dilihat, dan disukai orang.

Hal ini sangat penting karena jika video yang kita buat tidak memiliki ‘nilai’ seperti yang saya utarakan tadi, maka akan menjadi sangat sia-sia. Ingat, video yang menarik dan bermanfaat akan lebih mudah mendapatkan viewer.

Siapkan beberapa video menarik yang nantinya siap diupload ke channel youtube anda. Sebagai referensi, anda bisa membuat video menggunakan kamera Hand phone, aplikasi di komputer, maupun Handy cam.

Membuat akun Google

Jika belum memiliki akun Google, maka saatnya bagi anda untuk membuat akun tersebut. Akun Google ini berupa alamat email @gmail.com yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengakses semua layanan dari Google seperti Email, Playstore, Drive, dan lainnya termasuk Youtube. Tanpa akun ini, anda tidak bisa memulai bisnis Youtube.

Untuk membuat akun Google, silahkan masuk ke situs Google dan lakukan registrasi atau pendaftaran dengan memasukkan data seperti Nama Lengkap, Username, Alamat email, Password, Tanggal lahir, Jenis kelamin, dan Nomor telpon seperti yang terlihat dalam gambar berikut. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan hingga proses registrasi anda selesai.

membuat akun google

Upload video ke Youtube

Kini saatnya untuk mengupload video anda ke Youtube. Untuk memulainya, anda harus login atau sign in ke akun Google anda terlebih dahulu. Untuk melakukannya, anda masuk ke situs Youtube (www.youtube.com) dan klik tombol sign in pada bagian pojok kanan atas halaman tersebut seperti yang tampak pada gambar ilustrasi berikut.

Masukkan alamat email beserta password yang sebelumnya anda buat saat proses registrasi akun Google.

login akun google via youtube

Setelah berhasil login, klik pada tombol Upload untuk mulai mengupload video anda. Proses ini memakan waktu selama beberapa menit tergantung dari ukuran file video maupun kecepatan internet yang anda gunakan.

Lakukan upload untuk semua video yang sudah anda siapkan, dan jangan lupa memasukkan deskripsi dan judul dari video yang anda upload untuk mempermudah pengguna youtube mencari dan menemukan video anda. Berikut adalah beberapa gambar ilustrasinya.

tombol upload video youtube

proses upload video youtube

Promosikan video anda

Setelah memiliki video yang terupload ke channel youtube anda, jangan lupa untuk mulai mempromosikannya. Anda bisa melakukan share melalui beberapa situs media social seperti Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, maupun Google Plus (+) menggunakan tombol yang disediakan oleh Youtube.

Anda bisa menemukan tombol share ini di bagian bawah setiap video anda seperti yang terlihat dalam gambar ilustrasi berikut. Lakukan ini untuk mulai mendapatkan pengunjung atau Viewer video anda dan semoga video anda disukai masyarakat, dishare oleh mereka, dan akhirnya Go Viral atau banyak ditonton orang.

link share video youtube

Daftar Google Adsense

Setelah video anda secara rutin bisa mendapatkan pengunjung atau viewer, kini saatnya untuk ‘memonetasi’ nya atau istilahnya memanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Lho koq bisa? Yupz, anda bisa memonetasinya dengan menautkan iklan Google di video tersebut.

Dari setiap iklan yang ditampilkan itu nantinya akan berpotensi mendatangkan income untuk anda, baik dari segi jumlah viewer maupun jumlah klik terhadap iklan yang muncul.

Nah, untuk bisa memonetasinya anda bisa daftar ke program Google Adsense, sebuah program kemitraan dari Google yang akan menampilkan iklan di sela-sela video anda.

Iklan ini bisa berupa video yang disisipkan maupun iklan berupa banner atau gambar yang muncul di bagian bawah video anda. Contohnya bisa anda lihat pada gambar ilustrasi berikut.

contoh penampakan iklan youtube model video

contoh tampilan iklan youtube model banner

Mengenai detail cara melakukan registrasi Google Adsense, maupun proses menautkan iklan pada video , anda bisa dengan mudah mendapatkannya dengan searching di Google.

Cara praktis memulai dan menjalankan bisnis Youtube

Untuk anda yang menginginkan panduan lengkap dan mudah dalam memulai dan menjalankan bisnis Youtube, anda bisa memanfaatkan paket tutorial dari MITRA YOUTUBE. Klik pada banner di bawah untuk detail.

MITRA YOUTUBE 728 x 90

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here