Cara memasarkan produk terbukti laris manis dengan video marketing

0
127

cara memasarkan produk terbukti laris manis dengan video marketing

Cara memasarkan produk dengan video marketing memang terbukti bisa membuat dagangan kita laris manis diserbu pembeli. Hal ini saya buktikan sendiri setelah dalam beberapa hari terakhir melakukan promosi menggunakan video untuk salah satu produk jualan saya, yaitu dompet impor Pria. Dengan video, masyarakat bisa lebih mudah memahami produk yang kita tawarkan. Beda dengan hanya menggunakan gambar, foto, maupun deskripsi berupa tulisan saja yang kadang bisa menipu mata alias barang yang di dapat ternyata tidak seperti yang diharapkan atau dibayangkan oleh pembeli. Hasilnya? Ya udah pasti kecewa.

Jika sudah demikian, boro-boro ingin mempromosikan produk tersebut ke teman-temannya, justru mereka malah memberikan warning agar tidak membeli produk kita. Walhasil dagangan kita akan mlempem dan tidak laku. Jadi, promosi menggunakan video bisa menjadi salah satu terobosan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang produk kita kepada pelanggan. Hindari penggunaan gambar yang tidak jelas, apa lagi menggunakan gambar NON Real alias bukan gambar aslinya yang justru bisa menjadi boomerang terhadap kelangsungan bisnis kita ke depannya.

Persiapan membuat video marketing

Sebelum membuat video marketing untuk produk kita, pertama kita harus mencari tahu aspek atau nilai lebih dari produk yang kita tawarkan. Bisa berupa desain yang cantik, fitur yang unik, memiliki multy fungsi, dan semacamnya. Jika sudah ditemukan, hal itulah yang akan kita expose dalam video kita nanti. Tunjukkan poin-poin tersebut agar bisa dilihat oleh pengunjung dan diharapkan bisa menarik minat mereka untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang saya gunakan untuk membuat video promosi :

  • Kamera DSLR. Saya menggunakan kamera DSLR dari Canon Eos 700D untuk merekam video. Hasilnya cukup bagus meskipun saya buat video ini di dalam ruangan dengan pencahayaan hanya mengandalkan lampu kamar saja. Jika belum memiliki kamera DSLR, anda juga bisa merekam menggunakan kamera saku maupun kamera HP anda. Pastikan melakukan perekaman di luar ruangan jika anda hanya menggunakan kamera HP agar hasilnya lebih bagus.
  • Aplikasi Adobe Premier Pro. Ini adalah aplikasi untuk mengolah video hasil rekaman tadi. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengedit video seperti kecepatan frame, tingkat suara, music latar, dan beberapa lainnya. Hal ini dimaksudkan agar hasil video bisa lebih menarik. Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, atau bahkan tidak perlu editing sama sekali jika memang kualitas video hasil rekaman anda sudah bagus.
  • Sample produk. Ya, kita membutuhkan sample produk untuk diulas dalam video tersebut. Pastikan untuk menampilkan aspek atau nilai lebih dari produk anda. Jangan sekali-kali menggunakan ‘produk lain’ sebagai review, sementara produk tersebut beda dari produk sesungguhnya yang anda jual. Bisa fatal akibatnya. Jika anda memiliki beberapa varian warna dari produk yang anda jual, pilihlah warna yang lebih catchy dan menarik sebagai bahan untuk review.

Berikut adalah sample video marketing untuk mempromosikan produk jualan saya:

Minat dengan produk tersebut? Silahkan order dengan mengisi form pemesanan melalui link berikut ORDER DOMPET PPALPRO

Cara memasarkan produk menggunakan FB Ads

Setelah dibuat video marketing dari produk yang akan kita promosikan, kini kita bisa beralih ke proses promosi menggunakan FB Ads atau iklan di Facebook. Silahkan upload video tersebut melalui akun Facebook anda dan tunggu sampai proses upload selesai. Sebenarnya anda bisa mempromosikan video tersebut secara gratis dengan cara share video tersebut ke teman maupun group facebook yang anda ikuti. Namun untuk mendapatkan jumlah audience yang lebih besar, anda bisa memanfaatkan FB Ads berbayar. Anda bisa memilih audience sesuai target yang anda sasar seperti :

  • Jenis kelamin Audience.
  • Kota atau lokasi Audience.
  • Umur Audience.
  • Minat Audience.
  • Dan beberapa opsi lainnya.

Di sisi lain anda juga bisa mengatur berapa budget atau dana yang anda siapkan. Bisa $5, 10$, atau berapapun sesuai keinginan anda. Yang pasti, semakin besar dana yang anda alokasikan, semakin banyak juga Audience yang akan melihat iklan anda. Artinya, peluang terjadinya penjualan juga akan semakin besar. Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya :

promosi facebook

Setelah video terupload, silahkan kik pada tombol ‘Boost Post’ agar video tersebut bisa dilihat oleh banyak orang (ini adalah fitur FB Ads dan berbayar). Silahkan tentukan Audience yang ingin anda sasar, seperti umur, jenis kelamin, lokasi, minat atau hobby, termasuk budget yang akan anda keluarkan, Seperti yang terlihat pada gambar berikut.

 

setting iklan di facebook

Terakhir, anda bisa setting kartu kredit anda sebagai metode pembayaran. Biaya ini akan ditagih nanti setelah iklan anda selesai ditayangkan. Dengan kata lain, kita ngutang dulu ke Facebook. Walhasil, kita bisa membayar nanti denagn profit yang sudah kita dapatkan dari hasil penjualan. Enak apa enak hayooo, heheee.

Berikut adalah contoh pesanan yang kian berdatangan setelah saya mempromosikan produk melalui video marketing di Facebook.

order PPALPRO

Kesimpulan

Video marketing merupakan salah satu cara mempromosikan produk dengan hasil konversi cukup baik. Artinya, budget yang kita keluarkan sebanding dengan profit yang kita hasilkan. Sangat layak untuk dicoba oleh para pelaku bisnis yang ingin meningkatkan omset penjualan produknya. Penasaran? Selamat mencoba dan jangan lupa menuliskan komentar anda terkait isi artikel ini. Jika menurut anda bermanfaat, jangan lupa juga untuk dishare ya.

LEAVE A REPLY