Cara install dan upload theme wordpress dari C-panel

2
100

upload theme wordpress dan cara install theme wordpress dari cpanel

Baru mendapatkan template wordpress yang responsive? Hmm,  artikel mengenai cara install theme wordpress beserta proses upload theme dari C-panel ini akan sangat membantu anda. Prosesnya sangat mudah dan anda tidak perlu menyewa jasa instalasi template blog dan membuang-buang waktu serta biaya.

Bagi seorang blogger, memiliki blog yang responsive, tampilan premium, serta mudah untuk dilakukan pengaturan atau personalisasi memang menjadi incaran tersendiri. Tak jarang sebagian dari mereka berani menggelontorkan uang untuk mendapatkan theme yang dimaksud. Ya, meski di market kita bisa menemukan beberapa theme gratisan dan cukup responsive, namun tak bisa dipungkiri bahwa theme premium berbayar tetap memiliki beberapa kelebihan seperti kebebasan dalam memodifikasi dan beberapa fitur premium lainnya.

Seperti yang saya gunakan dalam blog ini, saya menggunakan theme wordpress dari THEMEFOREST seharga $59 dengan nama Newspaper. Tampilan yang eye catching serta kemudahan dalam melakukan personalisasi, serta didukung dengan berbagai fitur premium lainnya berhasil menggaet saya untuk membelinya. Dan tidak bisa dipungkiri, setelah beberapa hari mengaplikasikan theme ini, jumlah pengunjung saya cukup meningkat dan berefek pada penghasilan Adsense. Mungkin karena pengunjung blog ini jadi lebih betah lama-lama dan mungkin juga penggunaan template ini juga mempengaruhi hasil pencarian di search engine Karena memang sudah ada pengoptimalan dari segi SEO.

 

Cara install theme wordpress dari wp-admin

Untuk melakukan instalasi theme wordpress, anda harus login dulu ke wp-admin. Menurut saya, ini adalah cara termudah untuk menginstall theme baru untuk wordpress anda. Dari halaman dashboard, silahkan masuk ke menu ‘Appearance’ atau pengaturan, dilanjutkan ke menu ‘Theme’ seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

theme wordpress menu

Maka anda akan diarahkan ke halaman theme yang menunjukkan beberapa theme yang saat ini sudah anda install di blog anda. Untuk menambah theme baru, anda bisa klik menu ‘Add theme’. Di sini anda akan ditampilkan beberapa theme yang tersedia di wordpress org secara gratis. Pilih mana yang sesuai dengan minat anda, lalu pilih install.

theme wordpress add new

install theme wordpress

Cara upload theme wordpress dari wp-admin

Jika anda memiliki file theme tersendiri hasil download atau beli, anda bisa menginstallnya dengan cara menguploadnya terlebih dahulu. Dari halaman ‘Theme’ di wp-admin anda, silahkan klik tombol ‘Upload Theme’ seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah.

upload theme wordpress

Selanjutnya anda bisa klik pada tombol ‘Choose File’ untuk memilih file theme yang sebelumnya sudah anda simpan di computer. Cari filenya, dan pastikan dalam format ZIP ya. Setelah terpilih anda tinggal klik pada tombol ‘Install Now’. Maka theme yang baru anda upload akan terinstall dan siap untuk diaktifkan sebagai template blog anda.

upload theme wordpress choose file

theme wordpress install now

Cara upload theme wordpress dari C-panel

Ada kalanya jika anda tidak bisa melakukan upload file theme melalui menu upload dari wp-admin. Seperti yang saya alami saat mau melakukan upload theme Newspaper yang baru saja saya beli dari THEMEFOREST. Dengan demikian, saya perlu melakukan upload file theme tersebut melalui C-panel yang saya dapatkan dari layanan hosting saya. Cara uploadnya adalah sebagai berikut:

Setelah login ke C-panel, silahkan masuk ke menu ‘File Manager’ seperti yang terlihat dalam gambar berikut. Dilanjutkan masuk ke folder Public html – wp content – theme, kemudian klik pada menu ‘Upload’.

upload theme wordpress dengan cpanel

upload theme wordpress cpanel

Silahkan pilih file theme yang sebelumnya sudah anda siapkan di computer, dan pastikan filenya dalam format ZIP. Tunggu sampai file berhasil terupload 100%, setelah itu kembali ke halaman sebelumnya dengan klik link ‘Go back’ yang ada di bawah.

upload theme wordpress pilih file

upload theme wordpress process

Selanjutnya, klik pada file ZIP yang sebelumnya diupload, kemudian pilih menu ‘Extract’ yang ada di deretan atas untuk mengextract theme tersebut. Tunggu sampai proses extract selesai, kemudian anda bisa menghapus file ZIP tadi karena sudah tidak terpakai. Itung-itung untuk menghemat kuota paket hosting anda, heheee.

upload theme wordpress extract
Kini anda bisa kembali ke halaman wp-admin untuk memastikan apakah theme yang anda upload melalui C-panel tadi sudah berhasil terinstall. Masuk ke menu Appearance – Theme dan lihat apakah theme baru tadi sudah ditampilkan di sana. Untuk mengaktifkan atau menggunakannya, silahkan klik ‘Activate’. Prosedur detail bisa anda lihat dalam video berikut :

Kesimpulan

Proses install theme wordpress atau upload theme wordpress bisa terbilang cukup mudah jika anda memahaminya. Jangan lupa melakukan beberapa setting setelah anda mengaktifkan theme tersebut, karena setiap kali mengaktifkan theme baru, diperlukan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan tampilan template blog anda, mulai dari penggunaan logo, menu, widget, hingga komposisi warna dari halaman blog anda. Selamat mencoba dan jangan lupa comment dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here