Ad Balance Adsense, tingkatkan profit publisher dengan sekali klik

4
315

fitur ad balance adsense

Ad Balance Adsense merupakan fitur baru yang disediakan oleh Google Adsense untuk mensupport para publishernya guna mendapatkan profit pada level maksimal.

Tak pelak, banyak publisher dengan antusias mencoba mengaplikasikan fitur Ad balance ini dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan mereka dari Google Adsense. Termasuk penulis sendiri, langsung mencoba mengaplikasikan fitur ini pada akun adsense yang terpasang pada Blog bisnisaffiliasi.com.

Lalu, bagaimana cara penggunaan fitur ad balance? Apa benar fitur ini bisa meningkatkan pendapatan para publisher dengan penerapan sedikit setting sesuai arahan dari Google? Untuk menjawabnya, mari kita simak ulasan berikut.

Mengenal fitur Ad Balance Adsense

Berdasarkan penjelasan dari pihak Google Adsense, fitur Ad Balance akan melakukan filter dimana hanya iklan dengan tingkat kesesuaian, performa, hingga ‘mahar’ yang tinggi saja yang akan dimunculkan.

Artinya, iklan yang muncul benar-benar iklan ‘pilihan’ yang bisa mendatangkan profit lebih tinggi bagi para publisher.

Lalu ada yang bertanya, bukankah dengan adanya filter berarti jumlah iklan yang muncul akan berkurang? Yang berarti jumlah ‘impression’ akan turun dan malah bisa mengurangi pendapatan para publisher?

Hmm, begini penjelasannya.

Memang jumlah Impression bisa mempengaruhi penghasilan publisher. Tapi tahukah kamu bahwa ‘rate’ dari ‘Impression RPM’ juga sangat menentukan?

Artinya, dengan iklan ‘pilihan’ yang memiliki rate Impression RPM tinggi, akan menghasilkan profit lebih tinggi dibandingkan iklan ‘murah’ yang berjubel. Di sisi lain, pengunjung juga akan lebih nyaman jika iklan yang ditampilkan memiliki kesesuaian tinggi dengan konten/isi artikel, serta tidak berjubel.

Satu hal lagi, karena iklannya adalah iklan pilihan, tentunya nilai CPC juga akan tinggi. Jadi, mau pilih mana? Iklan banyak tapi rate RPM dan CPC kecil, ataukah iklan yang muncul sedikit tapi RPM dan CPC nya tinggi? (ssst, ada yang nyeletuk : mending iklan banyak tapi RPM dan CPC tinggi, buahahaaaa).

Akses fitur Ad Balance

Untuk menggunakan fitur Ad Balance, silahkan login ke akun Google Adsense anda. Dan dari halaman dashboard, silahkan klik pada menu My Ads, kemudian pilih tab Content, lalu Ad Balance.

Dashboard : My Ads -> Content -> Ad Balance

ad balance adsense tab

Secara default, ad fill rate akan terisi 100%.

Artinya, semua unit iklan yang anda pasang pada blog anda akan ditampilkan semua tanpa ada proses filterisasi, apakah itu iklan ‘murah’ maupun iklan ‘mahal’. Lebih jauh lagi, iklan dengan performa buruk pun (jarang tampil dengan sempurna atau jarang dapat klik) juga akan terus ditampilkan.

Pengaturan dan aktivasi fitur ad balance

Banyak yang bertanya, bagaimana mengatur ad balance untuk mendapatkan hasil terbaik? Pada level berapakah ad fill rate harus disetting?

Perlu dipahami bahwa setiap akun adsense memiliki karakteristik tersendiri, disesuaikan dengan tema maupun konten blog. Jumlah unit iklan yang terpasang serta latar demografi dari audience juga sangat berpengaruh terhadap penyesuaian fitur ad balance.

Untungnya, pihak Google Adsense sudah melakukan analisa dan menyediakan ‘suggestion’ atau saran tentang seberapa besar ad fill rate bisa disetting untuk mendapatkan hasil optimal.

mengatur fitur ad balance

Pada contoh di atas, ad fill rate diatur pada angka 41% sesuai saran dari pihak Google Adsense. Dan yang perlu menjadi perhatian adalah Estimasi Earning masih mencapai 100%.

Untuk mengaturnya, anda tinggal menggeser tab ad fill rate ke kiri atau ke kanan :

  • Geser ke kiri : Ad fill rate akan semakin kecil, artinya jumlah unit iklan yang ditampikan akan semakin sedikit, namun berupa iklan pilihan yang memiliki performa terbaik dan memiliki Impression RPM dan CPC tinggi.
  • Geser ke kanan : Ad fill rate akan semakin besar, artinya jumlah unit iklan yang ditampilkan akn semakin banyak, namun berupa iklan ‘biasa’ dan memiliki performa kurang baik serta Impression RPM dan CPC yang lebih rendah.

Tips : Geser tab ad fill rate sekecil mungkin (ke kiri), sampai batas Estimasi Earning masih 100%.

Kesimpulan tentang fitur Ad Balance pada akun Google Adsense

Dengan mengaktifkan fitur ad balance, diharapkan penghasilan dari Publisher bisa lebih optimal. Iklan pilihan, performa terbaik, RPM dan CPC yang tinggi, menjadi tujuan dari penerapan fitur ad balance ini.

Sudahkan anda mengaktifkan fitur ini untuk akun adsense anda?

Selamat mencoba, jangan lupa saran dan komentarnya serta silahkan dishare jika informasi ini dirasa bermanfaat.

4 COMMENTS

  1. Misalkan kta pasang tiga unit iklan gambar di halaman blog, setelah kta setting Ad balance-nya tentu akan mengurangi jumlah iklan yang muncul, berarti ada ruang yang kosong, bagaimana cara mengatasinya, sementara ruang kosong pada artikell terlihat kurang bagus, membuat jarak paragraf yang yang satu dengan yang lain menjadi renggang…terima kasih,

    • Kembali lagi ke tujuan anda.
      Mau cari ‘tampilan keren’ atau ‘profit’.
      Seperti hal nya penggunaan template dan berbagai plugin. Ada yg tujuannya ingin terlihat keren di mata pengunjung (biasanya efek sampingnya lemot loadingnya, karena banyak script yg terpasang), tapi ada juga yg nengejar tampilan sederhana namun fast loading dan ctr tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here