7 Tips bagi Blogger sebelum mengajukan akun Google Adsense

12
121

tips bagi blogger sebelum mengajukan akun google adsense

Memiliki akun Google Adsense merupakan sebuah privilege dan tantangan tersendiri bagi seorang blogger. Banyak yang berpendapat bahwa anda belum bisa disebut sebagai blogger sejati sebelum bisa memiliki akun Google Adsense. Wow, apa benar demikian?

Tidak sepenuhnya benar sih, namun pada kenyataannya banyak dari kita yang mulai membangun sebuah blog dengan tujuan untuk mendapatkan akun Google Adsense. Mereka adalah orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog dengan cara menyewakan space dari halaman blog mereka untuk dipasangi iklan dari Google Adsense.

Ya, dengan dipasangnya iklan dari Google Adsense itulah para blogger bisa mendapatkan komisi untuk setiap klik iklan yang dihasilkan. Kedengarannya sih mudah, namun pada kenyatannya untuk mendapatkan akun Google Adsense  bukanlah sebuah isapan jempol belaka alias tidak mudah.

Banyak blogger yang ‘terlanjur kecewa’ (heheeee,..kayak judul lagu) lantaran sudah beberapa kali mengajukan akun Google Adsense untuk blog mereka namun ditolak. Bahkan ada yang sampai sakit hati dan berjanji untuk tidak menggunakan Google Adsense lagi untuk memonetasi blog mereka dan beralih ke program afiliasi.

Jika anda penasaran dan ingin mengetahui lebih detail tentang program afiliasi, silahkan baca penjelasannya melalui link About bisnis afiliasi.

Ok, kembali lagi ke topik mengenai Google Adsense. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat mendapatkan akun Google Adsense untuk blog bisnisaffiliasi.com. Bukan menjadi patokan sih, namun beberapa hal berikut bisa anda jadikan referensi sebelum mengajukan akun Google Adsense untuk Blog anda.

Tips pertama sebelum mengajukan akun Google Adsense : Buat artikel berkualitas

Artikel yang berkualitas ibarat nyawa dari sebuah blog. Selama anda bisa menyajikan artikel yang berkualitas, anda akan memiliki kans lebih besar untuk bisa diterima saat mengajukan Google Adsense.

Kualitas sebuah artikel bisa dinilai dari beberapa hal, diantaranya adalah keunikan, susunan kosa kata, berisi informasi terkini atau up to date, hingga panjang atikel itu sendiri.

Usahakan untuk membuat artikel setidaknya 500 kata dalam setiap postingan dan selipkan beberapa keyword atau kata kunci di beberapa tempat termasuk dalam judul postingan agar artikel yang anda tulis ‘dinilai’ memiliki korelasi yang kuat dengan informasi yang dicari oleh pengunjung blog anda.

Tips kedua sebelum mengajukan akun Google Adsense : Tentukan tema atau niche blog anda

Banyak kasus menunjukkan bahwa blog dengan tema tertentu akan lebih mudah mendapatkan approval dari Google Adsense dibandingkan dengan blog dengan tema ‘gado-gado’.

Meskipun demikian, banyak juga blog dengan tema gado-gado mendapat approval dari Google Adsense selama konten atau isi dari blog tersebut berkualitas dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengunjungnya. Poin pentingnya adalah, membangun sebuah blog dengan niche tertentu akan membuat anda selangkah lebih dekat dengan approval Google Adsense.

Tips ketiga sebelum mengajukan akun Google Adsense : Buat postingan secara berkala

Tidak bisa dipungkiri bahwa blog yang selalu diupdate memiliki ‘nilai’ lebih baik di mata Google dibandingkan sebuah blog yang terbengkalai. Hal ini juga akan mempengaruhi penilaian Google dalam mengevaluasi pengajuan akun Google Adsense anda.

Pastikan untuk membuat postingan secara berkala agar blog anda dinilai ‘ter-urus’ dan layak untuk dimonetasi oleh Google Adsense.

Lalu, seberapa sering kita harus membuat postingan di blog kita? Jumlah tidaklah dominan di sini. Satu postingan berkualitas yang rutin setiap minggunya lebih baik dibandingkan 7 postingan ‘biasa’ perminggu. Apalagi membuat 10 postingan dalam seminggu, lalu menghilang alias tidak melakukan update dalam beberapa minggu ke depan.

Tips keempat sebelum mengajukan akun Google Adsense : Periksa struktur halaman blog

Pada dasarnya, struktur halaman blog yang baik adalah mudah untuk dijelajahi oleh pengunjung maupun bot. Untuk itu pastikan blog anda menempatkan link yang berisi semua halaman blog.

Anda juga bisa menggunakan widget untuk menambahkan link seperti post category dan recent post. Jangan lupa membuat beberapa halaman penting seperti About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap. Beberapa plugin seperti Shareaholic juga bisa anda gunakan untuk menambah daya jelajah blog anda dengan menampilkan featured post maupun related post.

Tips kelima sebelum mengajukan akun Google Adsense : Gunakan template responsive untuk blogger

template blog responsive

*Sumber gambar : arlinadzgn.com

Banyak template yang tersedia secara gratis di market, hal ini memungkinkan kita untuk bisa memilih template blog sesuai dengan tampilan yang kita inginkan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua template tersebut kompatibel dengan berbagai device seperti Tablet dan Smart Phone.

Akibatnya, tampilan bagus yang anda lihat melalui PC belum tentu bisa ditampilkan secara baik saat diakses melalui tablet maupun Smart Phone.

Untuk itu pastikan memeriksa kompatibilitas template tersebut dengan melakukan minimize halaman browser anda dalam mode live preview saat memilih template. Jika template tersebut menyesuaikan tampilan halaman website sesuai ukuran layar, maka berarti template itu responsive.

Satu lagi saran dari saya terkait pemilihan template blog : Gunakan template dengan jenis ‘Magazine’ karena bisa menampilkan informasi lebih baik dan lebih banyak di halaman ‘Home’ blog anda dibandingkan dengan jenis ‘Corporate’ atau ‘Bisnis’.

Tips keenam sebelum mengajukan akun Google Adsense : Bangun branding image blog anda

Untuk yang satu ini selain menunjang popularitas blog itu sendiri, membangun branding image di social media bisa menambah jumlah traffic yang masuk ke blog kita. Dalam hal ini saya membuat sebuah halaman di Facebook dan menempatkan logo blog sebagai profile picture.

Hal ini untuk menjelaskan bahwa halaman Facebook ini terhubung atau menginterpresentasikan blog tersebut. Kita juga bisa melakukan promosi artikel terbaru dengan mempostingnya di halaman Facebook ini ke depannya.

Berikut adalah contoh halaman Facebook yang saya bangun untuk branding blog bisnisaffiliasi.com dan toko online parfummewah.com

Tips ketujuh sebelum mengajukan akun Google Adsense : Datangkan traffic ke blog

Tips selanjutnya adalah mendatangkan traffic atau pengunjung ke blog. Perlu dipahami bahwa Google Adsense ingin menyajikan iklan di blog yang memiliki cukup traffic.

Akan percuma jika mereka memasang iklan di halaman blog yang ‘tidak ada’ pengunjungnya karena iklan mereka tidak ada yang melihat. Jadi pastikan blog anda sudah memiliki cukup pengunjung sebelum mengajukan ke Google Adsense.

Anda bisa menggunakan jasa Google Adwords maupun Facebook Ads untuk mendatangkan traffic ke blog anda. Atau jika blog anda memiliki ranking yang bagus di search engine, maka traffic akan datang dengan sendirinya seiring banyaknya orang yang mencari informasi dalam blog anda melalui mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Berikan waktu bagi blog anda untuk bisa muncul di halaman search engine.

Demikian beberapa tips sebelum mengajukan akun Google Adsense untuk blog anda. Sekali lagi saya sampaikan bahwa beberapa penjelasan tersebut adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sebelum mendapatkan akun Google Adsense untuk blog ini.

Tidak ada jaminan bahwa setelah anda melakukan ketujuh poin tersebut, pengajuan akun Google Adsense anda akan diterima. Tentunya masih banyak pertimbangan lain dari Google Adsense dalam menentukan approval.

Tetap semangat, terus belajar, dan semoga mendapat approval dalam pengajuan anda selanjutnya.

12 COMMENTS

  1. Kualitas artikel sangat penting untuk dijaga, sebagaimana jargon yang beredar di kalangan blogger bahwa konten is king. Indikator tentang artikel berkualitas di atas sangat mencerahkan dan sebaiknya di jadikan dasar dalam pembuatan sebuah artikel

    • 86 Bro. Meski bikin sebuah artikel bisa dibilang gampang-gampang susah, kita hindari artikel hasil spin atau translate ‘mentah’ karena tata bahasanya malah bikin njelimet. Anehnya masih banyak juga saya temukan artikel model kayak begituan di Indonesia, weleh-weleh.

  2. setuju dengan artikel di atas. Dasar untuk mendapatkan apprrove google adsense adalah artikel yang berkualitas. Dan tambahan adalah minimal 15 artikel yang berkualitas dan sudah terindex oleh google sebelum mendaftar ke google adsense.

    • Ya, sebaiknya blog kita sudah mendapat pengunjung yg cukup sebelum mengajukan Google Adsense.
      Lagian percuma dipasangin iklan kalau belum ada pengunjungnya, gak bakalan dapet ‘duit’, heheee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here