5 Kecerobohan nasabah baru Asuransi CAR 3i Networks

76
74228

Nabung dan mengajak orang lain menabung, itulah salah satu slogan para Agen asuransi CAR 3i Networks dalam menjaring nasabah baru.

Dengan slogan tersebut, tak sedikit orang ‘awam’ akan langsung tertarik dan bergabung dengan program asuransi yang saat ini sedang booming itu.

Mereka menganggap bahwa dengan bergabung, seakan dia menabung di bank dan uangnya bisa diambil kapan pun dia mau. Ditambah iming-iming bonus yang berlimpah membuat mereka semakin ‘terangsang’ untuk segera ambil bagian.

Padahal kenyataannya tidaklah sesederhana itu. Ada beberapa poin penting yang harus anda pahami terkait program asuransi CAR 3i Networks ini.

Semoga bisa memberikan gambaran yang terang benderang kepada calon nasabah baru, agar tidak ada kesalah pahaman di kemudian hari.

1Biaya akuisisi dalam asuransi CAR 3i Networks

Poin pertama adalah terkait biaya akuisisi.

Seperti penjelasan dalam ulasan saya sebelumnya yang berjudul ‘Membongkar Asuransi CAR 3i Networks yang berkedok tabungan’, bahwa dalam program asuransi ini ada yang namanya biaya akuisisi.

Jadi, kalau ada yang tanya (dan memang banyak yang tanya ke saya) kenapa nilai tabungan (investasi) mereka koq lebih kecil dari jumlah pembayaran premi yang selama ini sudah mereka bayarkan?

Jawabannya ya karena adanya biaya akuisisi tadi, yang akan ‘memotong’ uang premi yang anda bayarkan tiap bulan.

Sayangnya, tidak sedikit agen CAR 3i Networks yang seakan menyembunyikan dan tidak menjelaskan poin penting ini dalam proses perekrutan nasabah baru.

Back

76 COMMENTS

  1. Jd website tentang asuransi diblog mas fatkul… blh dihapuskan… jgn smpai disebabkan keraguan mas sendiri…merugikan orang lain

    • Bagian mana yg harus dihapus Pak?
      Atau poin mana dari uraian di atas yg harus saya revisi karena isinya tidak benar?
      Note : mohon dituliskan yg benar seperti apa untuk poin2 di atas agar bisa saya update.
      * Atas saran dari beberapa rekan, beberapa kalimat di bawah bagian UPDATE (artikel paling bawah) sudah saya hapus. Informasikan jika ada bagian lain yang harus saya revisi. Terima kasih.

  2. thanks infonya mas bro.
    mengenai biaya akuisis yg 60% itu stelah ditampung perusahaan, akan dialokasikan kemana? apakah akan menjadi milik perusahaan, dg 10000 alasannya?

    ditunggu jawabannya ya

    • Setahu saya biaya akuisisi dalam asuransi (Apapun perusahaannya), akan menjadi hak Perusahaan.
      Mengenai dialokasikan ke mana, Saya kurang tahu.
      Yang jelas perusahaan bebas untuk mengalokasikan ke mana saja dana itu untuk menunjang kelangsungan operasional perusahaannya.
      Sah-sah saja.

      • mengapa ada biaya akuisisi 60% ditahun pertama? karena backup-an ketika si pemegang polis meninggal pada tahun 1. klo utk premi 350rb akan di backup 21jt+tabungan investasi yg 40%, walaupun baru 2 bulan bayar premi, 21jt akan dibayarkan ke nasabah. Makanya biaya akuisisi tahun pertama besar.
        Intinya, perusahaan juga gak mau rugi. makanya tahun pertama biaya akuisisinya besar.

      • Saya pernah jadi agen asuransi, setahu saya dana akuisisi yg 60% akan digunakan oleh perusahaan, salah satunya untuk reasuransi, jadi CAR akan membayarkan kpd perusahaan reasuransi,sisanya untuk administrasi perusahaan dan biaya perusahaan,demikian lebih kurangnya trims

  3. Yg disampaikan diatas memang benar adanya, apanya yg mesti dihapus , yg aku amati justru perekrutan yg terus menerus ( seperti MLM ,atau skema ponzi ,uang yg kembali berupa bonus & mitra yg meninggal. …. hehehe pemikiranku saja)
    Klo boleh aku ajukan pertanyaan , Siapa penanggungjawab CAR 3i network ini.

  4. Saya rasa tidak perlu dihapus, menurut saya artikel ini baik dan bisa dipakai sebagai pembelajaran dan bermanfaat buat para pembaca yang mau belajar tentang produk produk asuransi berbasis investasi. Biar pembaca yang bijak yang mengambil keputusan, hak untuk ikut atau tidaknya Car 3i network.

  5. Beritanya masih kinyis-kinyis
    Matursuwun mas fatkul

    Smoga Artikel ini bermanfaat bagi yg membutuhkan

    Biarkan hati yg melilih, tp INGAT!!! Jangan Melenceng dari Tuntunan Ajaran Agama Kita Semua.

  6. Mas fatkul kan sudah keluar dari car. Apa penyebab dan alasannya mas? Mudah-mudahan bisa di share ma untuk dijadikan referensi bagi yang ingin daftar mas. Trims mas.

  7. Tulisan ini menarik, untuk apa dihapus? 🙂
    saya “terdampar” disini karena penasaran saja dengan gembar gembor teman di FB ttg GoBlock… Ternyata asuransi ini yg dimaksud…

    Saya punya banyak teman agen asuransi….
    Baru ada dua yg mau jujur ttg seluk beluk asuransi termasuk resiko-resikonya…
    yg lain hanya memberikan iming2 saja 🙂
    Ndak papa sih.. itu sah sah bae 🙂
    Namanya juga usaha…

    Makasih gan atas informasinya… Setidaknya sudah memberikan gambaran ttg asuransi ini.
    Salam blogger 🙂

  8. Saya sedang di prospek sama tim dan menjadi bahan pertimbangan dan sangat memberikan gambaran kepada saya tentang ini, kenapa harus di hapus.

  9. Semoga berbuah pahala bagi orang” yang dengan keihklasan membagikan pengalaman dan ilmu yang telah ia dapatkan. Terima kasih ulasan dari pengalamannya Fatkul, menurut saya tidak ada yang aneh” ataupun bertujuan untuk menjelek”an. semua ulasannya adalah wajar dan memang dilakukan juga oleh semua perusahaan Asuransi lokal maupun asing. bahkan saat saya pernah menjadi marketing di sebuah prshn asuransi asing (yang sekarang sdh pindahkan kantornya ke Singapore), masih dikerjakan dengan cara” marketing lama. orang per orang bekerja sendiri” (bersaing). bedanya dgn sistem 3i network ini… menurut saya malah semakin baik karena sifatnya bekerja sama dalam sebuah team kerja. bagi yang pernah mengalami masa sulitnya seorang marketing asuransi Jiwa, saya rasa akan lebih mengerti. Terima kasih.

  10. Alasan keluar hanya karena syariat islam.
    Bukan krn dirugikan dari program ini.
    Jadi program ini baik2 saja.
    Ada 1 yg tidak update, program ini sudah direstui OJK dan dewan pengawas syariah.

    Note: saya bukan/belum member

    • Saya dan (mendiang) bapak saya dari dulu adLah nasabah 3i network CAR. Nah benefit yang kami terima cukup lumayan karna sudah berjalan tahun ke 3. Beliau mendapat claim 21 juta & network masih jalan sehingga upline harus ada yang menggantikan. Sedangkan saya karna terdesak butuh dana melakukan pengajuan dan hampir 14 hari uang investasi telah masuk ke rekening. 3i itu insurance (asuransi) investment (investasi) income (pendapatan) network (jaringan). Jadi kalau kurang jelas boleh ditanyakan, jika sudah jelas barulah bisa menyimpulkan dengan baik tetapi memang benar. Oce boss..

  11. Anda kalo tidak tau jangan Maen posting..!! Itu biaya akuisisi di tahun pertama 60%
    Ditahun ke2 25%
    Ditahun ke3 10%
    Ditahun ke4 5%
    Ditahun ke5 5% (sampai akhir tahun ke5)
    Awal tahun ke6 0%

    Paham ente..?!!!

    • 😆Diatas di sebutkan ko…itu biaya akuisisi tahun pertama mas dedi…artikel mas faktul ini ckup membantu.karena masih banyak marketing yg sembunyiin penjelasan yg penting untuk difahami calon nasabah.Pelajaran buat para marketingnya ajak calon nasabah nya jadi smart dan calon nasabah loyal.jangan kasih penjelasan yg mengarah pada pembodohan ,setengah2 dan ditutupi.

  12. Postingannya baik untuk di ambil pelajaran,.. tapi akan lebih baik lagi jika membuat artikel yg FAIR, jelaskan (begini betulnya dan begini yg salahnya). orang2 yang membaca dan memahami isi artikel anda ada yg mengerti maksud dan arah tujuan artikel anda. maaf dan terimakasih.

  13. Trima kasih atas uraian tentang ansuransi yg berbasis netwotking aku msh bynk belajar program apa yg sekiranya aman dan benar benar bs menguntungkan mas swun

  14. Maaf mau nanya.. apakah jika daftar 3i ..tapi dari pertama daftar sampai 3 bulan gak bayar premi akan non aktif sendiri?
    Mohon jawab lewat email

  15. Bnyk teman2 yg sy propek 3i CAR yg “nyerang” sy dg artikel yg ditulis oleh sdr Fatkul ini…awalnya sy terkejut tp sy baca poin demi poin dn mnurut sy, yg ditulis itu benar adanya…tdk ada unsur jeleknya, malah setlh sy baca sampai selesai, akhirnya sy tersenyum…malah sy tanya balik k mereka yg “nyerang” sy dg artikel ini, sudah baca artikelnya belum…lah koq sudah brani komentar 3i penipu??

    Tq buat artikel sdr Fatkul, dg artikel ini prospek sy semakin mudah

    • Heheheee,..
      Iya, banyak yg salah persepsi tentang isi artikel ini.
      Padahal jika calon nasabah memahami 5 poin ini (dan menurut saya memang harus dijelaskan oleh para Sponsor), dan tetap memutuskan untuk bergabung dengan anda, maka dipastikan mereka akan menjadi ‘referral’ atau bahkan ‘Team’ yg berkualitas untuk anda.
      Tidak ‘berpotensi’ untuk melakukan komplain dikemudian hari akibat miss informasi atau kurangnya informasi (yg banyak beredar) tentang skema ‘produk’ atau ‘bisnis’ yg ditawarkan.
      Namun demikian, percaya atau tidak, banyak Sponsor yg terganggu dengan informasi ini.
      Saya rasa anda pun bisa menilai, seperti apakah kualitas sponsor yg ‘kepanasan’ dengan isi artikel ini.

    • Kalo sy pernah ikut tp stlah tau carlinkpro yg di pake 3i ini jenis asuransi konvensional bukan syariah. Kmdn sy keluar. Stlh 6 bulan baru tau ttg itu. Awal2 di presentasi tdk diterangkan konvensional ato syariah

  16. Artikel ini sangat membantu mas, kalau ada marketing yg sewot dengan artikel ini berarti masih KEPINTERAN, belum benar benar GO-BLOCK ….

  17. mas Fatkhul ini artikel bagus, judulnya 5 kecerobohan, saya baca koq yang ada cuma nomor 1 ya, yang 2-5 dimana y,,butuh pencerahan ini

  18. Ulasan yg bagus mas fatkul…..bisa lebih bagus lagi jika dijelaskan biaya akuisisi tahun ke 2 sampai tahun ke 5. Menambah ringan saya untuk menjelaskan ke nasabah. Trims infonya.

  19. Mas faktul jikalau sudah hobby menulis satu artikel sesuatu hal yg baik dan terpuji..tapi alangkah lebih terpuji lagi jikalau menulis sebuah artikel itu lebih mengedukasi yg positif dan pentingnya menggunakan data2 yg akurat sesuai realita.bukan menebak2 atau menganalisa sendiri apalagi mas faltul sendiri bukanlah seorang yg terlibat dalam Perusahaan CAR sistem 3i network.

    Sejauh mana anda mengetahui dan memahami tentang Manfaat ber asuransi dan keuntungan berinvestasi Unit link diperusahaan asuransi.
    Mengenai tabel biaya akusisi masih byk perusahaan asuransi lain yg lebih besar pemotongannya.biar anda paham

    Mohon maaf tulisan artikel anda kurang memberi edukasi yg positif.hanya sebuah komentar sebagai penonton.

  20. Saya Setuju dengan Artikel ini, semua yang ditulis benar, hanya kurang detail saja sehingga bisa membuat orang yang ragu dengan 3i Networks jadi semakin bingung.

    Dari pemilihan judul Artikel juga lebih terkesan menjatuhkan, tidak bersifat netral.

    Saya join di 3i Networks sudah lebih dari 1 tahun, dan saya masih aktif sampai sekarang sebagai nasabah sekaligus menjalankan bisnisnya.
    Dan semua yang dijanjikan perusahaan, iming-iming bonus, dan lain-lain benar adanya dan saya masih mendapatkannya sesuai ketentuannya.

    Intinya walaupun gak semua Agen menjelaskan secara detail tentang resiko dan lain-lainnya, kita sebagai calon nasabah harus pintar dengan mencari informasi dari sumber resmi dan terpercaya.

    Jika ada yang mau tanya-tanya lebih detail tentang 3i Networks, saya siap membantu menjelaskannya.
    Sebagai Nasabah sekaligus Agen ( Sudah berlisensi AAJI ) tugas serta hanya bercerita, masalah join atau tidakanda sendiri yang menentukannya.

    Info lebih lanjut tentang 3i Networks bisa hubungi saya :
    Nama : Triyono
    Kode Agen : 168-TH7
    No HP : 081385811485

  21. Terima kasih mas, artikelnya sangat membantu. Saya anggota aktif di 3i Car dan saya merasa artikel ini sangat membantu saya mengedukasi para calon nasabah dalam mengikuti program 3i Car ini agar dikemudian hari tidak terjadi adanya kesalahanpengertian. Mohon ijin share Mas Fatkul

  22. saya calon, yang saya bingung tu dana di investasi kemana ya?,,,,koq bisa begitu besar uang feedback nya,,kalo yg dapat kucuran dana kalau itu perusahaan-perusahaan apa Tolong dijelaskan soal saya sangat minim sekali informasi tentang ini terima kasih….

  23. Sy pingin tanya kenapa mas fatkul out dari asuransi ini, tlng jelaskan mas, mungkin bermanfa’at bagi saya atau kami yg masih awam dlm hal ini.
    Terima Kasih.

  24. Trimakasih informasi seperti ini sangat baik untuk saya sebagai orang awam yang berpengetahuan minim tentang segala bentuk yang bernama asuransi….mohon maaf ada ngga ulasan tentang jenis asuransi yg lain mas….agar kami lebih mawas diri terhadap segala betuk riba.

  25. klw ragu mndg g ush ikut…. Saia sdh ikls krn saia kira ni tbgn bisa diambil swkt” sprti dbank” lain eh tryt g bisa klw sdh hlg siapa yg tgg jwb y… Iklasin aj biar tuhan yg mmbls semuanya….

  26. Maaf mas semua nasabah sdah paham dengan yg namanya biaya Akuisi..kita jga sdah jelaskan..ya namanya Asuransi semua pasti ada biaya akuisi walau sedikit.tpi ..banyak yg minat di 3i networks ini karena ada 3 keuntungan yg di dapat sekaligus..trus kalau ada org yg komitmen untuk menabung di tempat yg aman ini kenapa tdak…toh itu jga ada baiknya..kalau mereka syang dengan keluarga pasti mau menabung dan jalankan bisnisnya.toh bisnisnya. Jga bagus.
    Kita menabung hanya 5 tahun trus hasilnya bisa di petik sampai 74 tahun..itu lbih bagus di bandingkan dengan biaya akuisi yg hanya 5 tahun..itu kalo org yg pikirannya cerdas..

    Maaf mas dari awal baca postingnya mas bagus hanya judulnya tdak enak di dengar seakan2 menjauhkan nama dari CAR sndri..
    Atau jangan sampai mas hanya buat tulisan seperti itu supaya ingin menjatuhkan CAR ya..Mas main Halus tpi ketahuan jga .

  27. Terimakasih Infonya Mas Fatkul….sangat bermanfaat, dan saya salud dengan kehebatan mas Fatkul dalam menyampaikan sekelumit tentang CAR 3i network….ternyata CAR 3i network memang membuat saya tercengang…saking bagusnya program dari PT AJ CAR member of salim group ini…mengenai Biaya akuisisi atau biaya administrasi itu juga ada di semua perusahaan jasa keuangan perbank kan maupun non perbangkan,,,Makasih mas Fatkul…Sukses selalu..salam luar biasa…

  28. Anda klo mau memberi penjelasan jangan setengah2. Ulasan yang Anda tulis tujuannya hanya semata2 untuk menjatuhkan mental orang2 yg mau menabung dan serius menjalankan bisnis 3i network. Klo emang Anda netral jgn kamu buat ulasan yg arah tujuannya hanya mengakibatkan dampak negatif. Saya bukan member dari 3i network. Tapi klo ada teman atau orang yg mau sukses di bisnis ini dan mau menjalankan ya itu bagus. Dari pada orang syirik yg kerjaanya menjatuhkan mental orang. Giliran liat orang sukses yg penghasilannya ratusan juta ngiler. Giliran liat ada orang yg hidupnya miskin boro2 mau bantuin. Klo emang kamu ngerasa pinter bisa buat sebuah bisnis yg lebih hebat dari 3i network sini saya orang pertama kali yg akan menjalankan. Otak lhu mampu kagak. Duit lhu ada kagak buat perusahaan

  29. Benar artikel ini, yg penting jujur.
    Sbgai marketing kita juga tau kelebihannya dan kekurangannya. Semua asuransi kan sama sistemnya, hanya saja kelebihan 3i can ada yg tidak dimiliki asuransi lain mis: sistem akuisisi 3i mulai dr tahun 1 sdh ada nilai invest. Jangka waktu relatif singkat dan ada peluang income utk semua mitra. Bukan hny agent. Artikel diatas baik kok. Ga ada yg harus didebat, sbgai marketing pinter mengarahkan saja. Prinsipnya apa yg diinvest baik adanya. Ibarat kita persentase habis sikat gigi jdnya pede krna bersih ketimbang habis makan duren takut bersendawa. Oke thats good…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here