5 Kecerobohan nasabah baru Asuransi CAR 3i Networks

0
1613

5 Kecerobohan nasabah baru Asuransi CAR 3i Networks

Nabung dan mengajak orang lain menabung, itulah salah satu slogan para Agen asuransi CAR 3i Networks dalam menjaring nasabah baru.

Dengan slogan tersebut, tak sedikit orang ‘awam’ akan langsung tertarik dan bergabung dengan program asuransi yang saat ini sedang booming itu.

Mereka menganggap bahwa dengan bergabung, seakan dia menabung di bank dan uangnya bisa diambil kapan pun dia mau. Ditambah iming-iming bonus yang berlimpah membuat mereka semakin ‘terangsang’ untuk segera ambil bagian.

Padahal kenyataannya tidaklah sesederhana itu. Ada beberapa poin penting yang harus anda pahami terkait program asuransi CAR 3i Networks ini.

Bukan berarti saya membuka ‘borok’ sendiri, mengingat saat ini saya pun masih terdaftar sebagai nasabah asuransi di atas dan juga masih aktif mempromosikan program ini.

Namun lebih tepatnya memberikan gambaran yang terang benderang kepada calon nasabah baru, agar tidak ada kesalah pahaman di kemudian hari.

Biaya akuisisi dalam asuransi CAR 3i Networks

Poin pertama adalah terkait biaya akuisisi.

Seperti penjelasan dalam ulasan saya sebelumnya yang berjudul ‘Membongkar Asuransi CAR 3i Networks yang berkedok tabungan’, bahwa dalam program asuransi ini ada yang namanya biaya akuisisi.

Jadi, kalau ada yang tanya (dan memang banyak yang tanya ke saya) kenapa nilai tabungan (investasi) mereka koq lebih kecil dari jumlah pembayaran premi yang selama ini sudah mereka bayarkan?

Jawabannya ya karena adanya biaya akuisisi tadi, yang akan ‘memotong’ uang premi yang anda bayarkan tiap bulan.

Ilustrasi biaya akuisisi asuransi CAR 3i networks

Sayangnya, tidak sedikit agen CAR 3i Networks yang seakan menyembunyikan dan tidak menjelaskan poin penting ini dalam proses perekrutan nasabah baru.

Tidak bayar premi, tidak terima bonus

Poin kedua adalah tentang bonus.

Saya yakin sebagian besar nasabah CAR 3i Networks memutuskan bergabung dengan program ini karena tergiur dengan Bonus yang ditawarkan.

Yupz, memang benar. Program ini menawarkan beragam bonus yang menggiurkan bagi mereka yang menjalankan bisnisnya. Dan sejauh ini memang TERBUKTI membayar.

Namun apakah anda tahu, bahwa jika anda absen untuk membayar premi di bulan ini, maka bonus yang seharusnya anda dapatkan juga akan hangus?

Prinsipnya sederhana. Anda tidak menunaikan kewajiban (bayar premi), maka anda tidak akan mendapatkan hak (Bonus).

Menurut saya masih fair, namun setidaknya anda perlu memahami hal ini agar tidak ada kesalah pahaman di kemudian hari.

Nunggak bayar premi, status polis bisa Lapse atau Batal

Untuk anda yang menganggap bahwa program ini seperti layaknya nabung di bank, baca ini baik-baik.

Kalau nabung di bank, ketika bulan ini anda tidak punya uang untuk ditabungkan, anda bebas untuk tidak menabung. Tidak ada resiko.

Sementara di program Asuransi CAR 3i Networks, bayar premi bulanan sifatnya WAJIB. Ada uang atau gak ada uang, anda wajib bayar sebelum jatuh tempo yang ditentukan (umumnya maksimal tanggal 28 setiap bulannya).

Lalu, apa yang terjadi jika anda absen bayar premi bulan ini?
Bonus akan hangus dan tagihan anda bulan berikutnya akan di double.

Bagaimana jika nunggak lagi sampai beberapa bulan ke depan? Misal karena keuangan lagi benar-benar sulit?

Selama nilai investasi yang sudah terbentuk bisa mengcover biaya administrasi, maka biaya administrasi akan dipotong dari sini. Namun resiko terbesarnya adalah status polis anda akan dibatalkan/lapse.

Jadi jangan coba-coba untuk nunggak bayar premi bulanan, apa lagi sampai berbulan-bulan.

Hmmm, menyeramkan?

Bagi sebagian orang iya. Tapi bagi saya atau anda yang sudah berkomitment untuk berinvestasi jangka panjang, seharusnya ‘ATURAN’ ini tidak menjadi masalah tho?

Lagian aturan ini bukan hanya diterapkan di CAR, namun hampir di semua perusahaan asuransi.

Uang pembayaran premi dirubah menjadi Unit Link

Tahukah anda bahwa sebenarnya uang pembayaran premi bulanan anda itu tidak terkumpul dalam bentuk uang layaknya anda menabung di bank.

Namun akan dirubah atau dikonversi dalam bentuk Unit Link. Istilah gampangnya Lembar Saham.

Sebagai contoh anda baru gabung di CAR dengan premi sebesar 1 juta.
Dari 1 juta tadi 60% nya akan terpotong untuk bayar biaya akuisisi (Rp600.000,-), dan 40% nya akan masuk dalam investasi (Rp400.000,-).

Uang investasi ini (Rp400.000,-) akan dirubah dalam bentuk unit link.

Misal 1 unit link memiliki nilai Rp2.000,-, maka jumlah unit link yang anda miliki dari setiap pembayaran premi tadi sebanyak 200 Unit Link (400 ribu dibagi 2 ribu).

Nah, kalau mau mencairkan, anda tinggal menukar unit link ini dengan rupiah, dengan mengisi form penarikan dana/perubahan unit link yang disediakan oleh Perusahaan.

Ilustrasi perubahan nilai investasi menjadi unit link

Jadi, clear ya, tabungan/investasi anda dalam program Asuransi CAR 3i Networks ini berupa Unit Link, bukan Rupiah.

NILAI dari unit link ini diasumsikan akan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dan dalam beberapa tahun ke depan, bisa saja nilai 1 unit link mencapai Rp15.000 misalnya.

Maka jika dirupiahkan, maka nilai investasi anda akan mengalami peningkatan. Namun jika nilai unit link mengalami penurunan nilai, ada krisis ekonomi global misalnya, maka nilai investasi anda tentunya juga akan turun.

Tujuan ikut program asuransi CAR 3i Networks

Sering kali sebelum memulai diskusi dengan calon nasabah yang menghubungi saya, terlebih dahulu saya tanyakan apa tujuan dia mau join program ini.

Sebagai gambaran, saya ceritakan kepada mereka bahwa tujuan saya ikut program ini adalah saya ingin berinvestasi ‘Jangka Panjang’ dengan menyisihkan sebagian penghasilan saya untuk kebutuhan masa mendatang (masa tua, masa pensiun, biaya sekolah anak, dll).

Dari awal saya berkomitmen untuk tidak mengotak atik dana ini, namanya juga investasi jangka panjang. Bukan sekedar menyimpan uang di bank yang sewaktu-waktu akan kita ambil kembali.

Di sisi lain, saya akan tercover asuransi jiwa hingga umur 74 tahun. Jika sewaktu-waktu saya meninggal dunia, ahli waris saya (keluarga) akan mendapat santunan yang bisa membantu biaya hidup mereka.

Di tambah lagi potensi income yang luar biasa jika saya menjalankan bisnisnya, yakni mereferensikan nasabah baru untuk bergabung dalam program ini.

Tentunya, kelebihan di atas (Insurance & Income) tidak akan saya dapatkan jika hanya menyimpan uang di bank. Betul?

Jika tujuan anda gabung seperti gambaran di atas, punya komitmen yang sama untuk investasi jangka panjang, maka masalah ‘Biaya Akuisisi’ tidak akan menjadi masalah.

Kenapa? Karena dalam beberapa tahun ke depan, nilai investasi kita akan terus tumbuh dan bisa jadi melebihi total nilai pembayaran premi yang selama ini telah kita bayarkan.

Beda halnya jika baru setahun dana investasi tersebut anda cairkan, apa lagi baru jalan beberapa bulan, sudah PASTI nilai tunai yang terbentuk jauh lebih sedikit karena pertumbuhan nilai unit link belum seberapa, atau belum bisa menutupi potongan biaya akuisisi.

Kesimpulan

Itulah beberapa poin penting yang seharusnya dipahami oleh calon nasabah Asuransi CAR 3i Networks. Atau setidaknya dijelaskan oleh para Agen dalam proses perekrutannya.

Nasabah baru yang ceroboh, tentunya telah melewatkan beberapa poin penting di atas. Yah, mungkin karena sibuk menghayal akan besarnya bonus atau janji manis yang disodorkan oleh para Agen.

Mirisnya, belum sempat memahami beberapa poin penting di atas, eh sudah getol mempromosikan program ini ke calon nasabah lain. Hasilnya? Ahh, bisa anda bayangkan sendiri.

Bagaimana dengan anda?

Update terbaru :

Per 1 September 2017, bagi yang tidak terdaftar AAJI tidak akan mendapat akses ke aplikasi 3i Mobiss pada menu : Staterkit, Bonus, dan Daftar.

Wah, harus ikut ujian jadi Agen Asuransi donk? katanya nabung?
Wah, proses pendaftaran member baru koq dipersulit?
Wah, kira2 bonus member yg belum lulus AAJI dibayar gak ya?

Yah, kita tunggu ‘drama’ selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here