3 penyebab gagal verifikasi BCA Mobile dan cara mengatasinya

0
18

3 penyebab gagal verifikasi BCA Mobile banking dan solusinya

Apakah anda mengalami masalah gagal verifikasi BCA Mobile di HP Android? Sudah mencoba menghubungi pihak bank dan operator selular namun hasilnya nihil? Tenang, anda akan menemukan solusinya setelah membaca ulasan ini.

BCA Mobile banking merupakan salah satu tools yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis, terutama mereka yang sering melakukan transaksi jual beli online. Maraknya penipuan online yg berkaitan dengan transaksi palsu (umumnya berupa struk atau bukti transfer palsu) sungguh sangat meresahkan.

Yang sempat viral baru baru ini adalah terungkapnya seorang penipu ulung di daerah karawang yang sempat menipu puluhan penjual online dengan bukti transfer palsunya. Seorang penjual yang geram akhirnya mendatangi alamat tersangka ini dan akhirnya menemukan berbagai barang hasil penipuan yg menumpuk di rumah kontrakannya.

Sempat mengelak, namun akhirnya dia mengaku dan tidak bisa berkutik karena barang bukti sudah di depan mata serta diancam akan diadukan ke Polisi oleh sang Penjual jika terus berkelit dan tidak mengakui perbuatannya.

Dari kisah di atas, bisa kita ambil pelajaran tentang perlunya melakukan pengecekan laporan mutasi rekening jika ada pelanggan yang mengaku telah melakukan transfer ke rekening kita. Pastikan dana benar benar sudah masuk sebelum memproses pesanan pelanggan agar terhindar dari penipuan seperti di atas.

Nah, hadirnya BCA Mobile banking akan memudahkan kita dalam melakukan pengecekan laporan transaksi di rekening BCA kita, langsung dari HP Android yang kita pegang.

Sayangnya, tidak sedikit yang kecewa karena mengalami ‘gagal verifikasi BCA Mobile’ saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

Sesaat setelah memasukkan nomor kartu ATM di awal penggunaan aplikasi, yang Nampak hanya tampilan loading yang muter-muter seperti gambar berikut.

gagal verifikasi BCA mobile

Penyebab gagal verifikasi BCA Mobile banking dan solusinya

Berikut 3 masalah populer penyebab gagalnya proses verifikasi BCA Mobile banking dan solusi untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan dari berbagai sumber.

Pengguna HP dual sim

Kebanyakan dari mereka yang mengeluh tentang susahnya proses verifikasi BCA Mobile banking adalah para pengguna smartphone dual sim alias HP dengan sim ganda.

Perlu dipahami bahwa dalam proses verifikasinya, aplikasi akan mengirim pesan (message) melalui jaringan data. Untuk itu, bagi anda pengguna HP dual sim, pastikan telah melakukan ‘pengaturan sim’  dimana untuk proses kirim SMS dan penggunaan data HARUS menggunakan SIM 1.

Jika pengaturan anda tidak tepat, maka bisa dipastikan proses verifikasi BCA mobile akan gagal. Pastikan juga bahwa saldo anda mencukupi untuk biaya pengiriman SMS (minimal Rp1000).

Pengguna HP Xiaomi

Bagi anda yang menggunakan HP xiaomi biasanya juga akan mengalami hal yang sama, gagal verifikasi BCA Mobile setelah proses memasukan 16 digit nomor kartu ATM dan kirim sms.

Hal ini dikarenakan sistem keamanan di gadget ini yang menghalangi aplikasi BCA Mobile untuk mengirimkan pesan secara langsung.

Untuk mengatasinya, silahkan masuk ke menu Setting – Installed Apps – BCA Mobile – Permission Manager, seperti tampak pada gambar berikut.

setting xiaomi BCA mobile gagal verifikasi

Pastikan pengaturan pada ‘Send SMS message’ diperbolehkan atau dicentang. Dengan demikian, pengiriman pesan saat proses verifikasi BCA Mobile bisa dilakukan.

Bug pada aplikasi BCA Mobile versi 1.5.x

Jika anda sudah melakukan pengaturan seperti pada penjelasan 2 poin di atas, namun proses verifikasi BCA Mobile tetap gagal, anda bisa mencoba cara terakhir ini.

Silahkan buka aplikasi BCA Mobile yang terinstall pada HP anda, kemudian klik pada menu ‘About’ untuk mengetahui versi dari aplikasi yang anda pakai.

Jika aplikasi yang terinstall masih di angka 1.5.x, maka segera uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart HP anda.

Selanjutnya download dan install kembali aplikasi BCA Mobile terbaru (saat ini versi 1.6.x), kemudian lakukan proses verifikasi seperti biasanya.

Saya sendiri sempat pusing karena semua pengaturan sudah sesuai, bahkan sempat mendatangi kantor BCA dan menghubungi operator selular namun hasilnya ZONK.

Kemungkinan terbesar adalah karena adanya BUG pada aplikasi BCA mobile versi 1.5.x. Terbukti dalam 1-2 hari ke depannya, saya cek di Google Playstore sudah tersedia versi pembaharuan yakni versi 1.6.0 dan proses verifikasi BCA Mobile berjalan dengan lancar.

Itulah 3 masalah populer penyebab verifikasi BCA mobile gagal beserta solusi untuk menanganinya. Semoga bisa menjadi referensi bagi rekan-rekan yang mengalami masalah dalam proses verifikasi.

Jika anda masih mengalami masalah dalam proses verifikasi BCA Mobile setelah menerapkan 3 cara di atas, jangan lupa tuliskan di bagian komentar di bawah ya.

Mudah-mudahan ada rekan lain yang memiliki pengalaman dan bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah gagal verifikasi BCA Mobile banking.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here