3 Kesalahan yang perlu dihindari dalam menjalankan bisnis afiliasi

0
43

kesalahan dalam menjalankan bisnis afiliasi yang perlu dihindari

Bisnis afiliasi merupakan salah satu model bisnis yang paling mudah dan efektif untuk menghasilkan uang dari Internet. Proses pendaftaran yang mudah, serta periode pembayaran komisi yang teratur membuat bisnis afiliasi banyak dilirik dan diminati oleh pelaku bisnis.

Namun seperti halnya bisnis-bisnis lainnya, ada banyak sekali jebakan dalam menjalankan bisnis afiliasi. Jika anda sampai terjebak dalam kesalahan-kesalahan tersebut, bukan tidak mungkin akan menghabiskan pundi-pundi penghasilan anda dari bisnis afiliasi. Itulah mengapa anda perlu mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis afiliasi dan bagaimana cara menghindarinya.

 

Kesalahan pertama: Salah memilih bisnis afiliasi.

Banyak orang ingin segera mendapatkan penghasilan dari bisnis afiliasi. Itulah sebabnya mereka tergesa-gesa dalam menentukan program afiliasi yang akan diikuti, dan kebanyakan mereka hanya sekedar ikut-ikutan saja karena produk tersebut sedang trend atau ramai dibicarakan. Mereka hanya ikut karena sedang ada permintaan terhadap produk-produk tersebut tanpa mempertimbangkan apakah produk tersebut berkualitas atau menarik bagi mereka. Tentunya hal ini bukanlah langkah yang tepat dalam memulai bisnis afiliasi.

Sekali lagi, jangan hanya menjadi ‘penumpang gelap’ dalam bisnis ini, namun cobalah untuk memilih produk dimana anda benar-benar tertarik dan ingin mempromosikannya. Untuk sukses, anda perlu meluangkan beberapa waktu untuk merencanakan dan menentukan tindakan yang akan anda ambil.

Pilihlah produk yang benar-benar menarik bagi anda dan lakukan penelitian tentang produk tersebut apakah banyak permintaan di pasar. Mempromosikan sesuatu dengan senang hati akan lebih baik dibandingkan sekedar mempromosikan sesuatu untuk mengejar penghasilan saja.

 

Kesalahan kedua: Bergabung terlalu banyak program afiliasi.

Dengan mudahnya bergabung dalam bisnis afiliasi, sebagian besar dari anda mungkin akan tergoda untuk mendaftar di beberapa program afiliasi sekaligus dengan tujuan untuk memaksimalkan pendapatan. Memang tidak salah bukan menjalankan beberapa program afiliasi sekaligus?

Benar, itu memang cara yang bagus untuk memiliki beberapa sumber pendapatan. Namun perlu diketahui bahwa dengan bergabung dengan beberapa program afiliasi dan berusaha mempromosikan mereka semua dalam waktu yang bersamaan akan mengurangi konsentrasi pada masing-masing program tersebut.

Hasilnya? Anda tidak akan menyadari potensi maksimum dari tiap-tiap bisnis afiliasi tersebut dan penghasilan anda tidak akan sama seperti yang anda perkirakan sebelumnya. Cara terbaik adalah mulailah bergabung dan menjalankan satu program afiliasi yang membayar komisi setidaknya 30%. Berikan usaha terbaik anda untuk mempromosikan produk tersebut dengan antusias. Jika anda sudah melihat hasil yang memuaskan dan sudah memahami bagaimana cara mengoptimalkan penghasilan dari bisnis afiliasi, barulah anda bisa memulai program afiliasi yang lain.

 

Kesalahan ketiga: Tidak membeli produk dan mencoba layanan yang anda promosikan.

Sebagai afiliasi, tugas utama anda adalah secara efektif dan meyakinkan dapat mempromosikan produk atau layanan dari program yang anda jalankan ke pelanggan. Untuk mencapainya, tentu anda harus betul-betul memahami produk tersebut, guna meyakinkan pelanggan.

Akan sulit bagi anda mendapatkan semua itu jika anda sendiri belum mencoba dan menggunakan produk atau layanan tersebut. Penggambaran yang detail dan jelas pastinya anda perlukan saat berusaha meyakinkan pelanggan dan menciptakan keinginan mereka untuk mencoba produk yang anda rekomendasikan.

Untuk itu, cobalah produk atau layanan tersebut secara pribadi sebelum anda mendaftar sebagai afiliasi untuk memastikan apakah produk atau layanan tersebut benar-benar memberikan apa yang dijanjikan. Dengan demikian anda akan memahami kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut, untuk selanjutnya bisa anda jadikan bahan review secara menyeluruh dan lugas sehingga orang akan tertarik untuk mencoba sendiri.

Itulah 3 kesalahan utama yang sering dilakukan oleh affiliate marketer, dan tidak sedikit dari mereka telah menghabiskan banyak waktu dan biaya akibat kesalahannya itu. Agar tidak terjerumus ke dalam situasi yang sama, anda perlu menghindari hal tersebut.

Kuncinya adalah waktu. Luangkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan strategi pemasaran dari bisnis afiliasi yang anda jalankan. Dengan perencanaan yang tepat, anda dapat memaksimalkan  penghasilan anda dari bisnis afiliasi dan berakhir dengan keuntungan yang luar biasa.

Bagi anda yang memiliki pengalaman terkait menjalankan bisnis afiliasi, atau sekedar ingin berbagi tips, silahkan menuliskannya dalam kolom komentar di bawah.

Salam Sukses,!

LEAVE A REPLY